Kamis, 09 Juli 2015

DAFTAR KUA SETIABUDI

Ini hal sebenarnya penting buat calon pengantin yang mau urus nikah sendiri yaa, sering ngga tau harus gimana awalnya urus surat nikah sendiri apalagi surat numpang nikah juga ya, ribet kann dibayanginnya..

Nah kalo ini cara gue sendiri yaa langsung urus sendiri dari awal telfon pak Ijal (RT 02 Setiabudi) yang janjian ketemuan hanya minta fotokopian KTP+KK serta nama calon pengantin laki-laki dan bin nya saja. Hari kamis tanggal 26 Juni 2015 ketemu sama Pak RT hari senin tanggal 29 Juni nya udah jadi dehh walau ada salah dikit dikit cuma instan banget deh hemat waktu kan kalo yang sibuk kerja apalagi ini bulan puasa godaannya banyak banget, hehe..

Kelar urusan gue semua, tinggal nungguin roy yang agak lama urus suratnya, katanya susah d temuin si Pak RW nya, habis itu kita foto bareng k studio buat buku nikah sekalian nyiapin pas foto ukuran 2x3 4Lembar dan 4x6 1Lembar, nahh kalo gue backgorund nya Merah karena menurut tetangga gue yang kerja di KUA setiabudi gak masalah kalo backgorund biar fresh dan cerah katanya,setelah rapih dan lengkap akhirnya baru bisa daftar tanggal 6 Juli 2015 jam 14.00 Wib kesiangan sih sebenernya cuma jarak dari rumah k KUA hanya beberapa meter jadi santay lah ya, kelar daftar ketemu Bu Afifah berunding bpk penghulu yg jadwal nya senggang dan dibulan agustus yang udah sering keluar mau di sortir lagi, cuma karena gue engga mau ribet siapa aja deh yang penting bpk penghulu itu on time di hari H.

Akhirnya langsung hari itu ketemu dengan Drs.H.M. Mudhofar yang Insha Allah penghulu gue nanti, lalu diliat lah data gue ini udah lengkap atau belum nya setelah udah dia nulis nomer hp nya sendiri di blangko model N-7 lengkap dengan apa yang masih kurang, sekalian catetan nanti gue harus datang dengan calon pengantin laki-laki nya biar latihan Ijab, hehe. Berikut blangko model N-7 nya

N-7


Pihak KUA pun ngasih BP4 yang isinya itu bikin lucu, ketawa serta mikir sih jawabannya hehe. Cuma wajib isi ini katanya.. Diisi berdua karena data berdua calon pengantin..





Niatnya habis lebaran aja urus lagi k KUA, oia untuk capeng tahun ini beda dengan tahun sebelumnya kalo biasanya kamu tinggal bayar cash k pihak KUA nahh sekarang bayar nya setor tunai ke Bank BTN senilai Rp 600.000,- nah yang repot kaya gue ini datang k KUA blangko bank nya habis jadi 3x kan balik k KUA untungnya KUA deket ga pake ongkos hehe.. Nanti latihan Ijab qobul rencananya, tapi sebelumnya gue udah request kalo pake contekan aja lah pakk, hehee. dan kebetulann bangett, Penghulu di setiabudi lebih kenal abang kandung gue daripda adeknya ini, jadi engga kaku Insha Allah,  dan semoga selalu lancar sampai nanti ya Allah, Aaaaamiinn..

Sekedar saran, untuk para CPW mau bikin surat nikah syaratnya mudah tinggal siapin :
1. Fotokopian KTP + KK (CPW)
2. Nama Pengantin laki-laki nya beserta Bin saja
3. Telfon Pak RT kalian karena semua RT faham untuk hal begini ya, nanti akan dibuatin surat belum nikah serta biodata orang tua.
Catatan : Ini buat yang ngga mau repot ya !

Lalu untuk CPP untuk mebuat surat numpang menikah juga hampir sama :
1. Fotokopian KTP+KK (CPP) dan (CPW)
2. Urus ke RT masing-masing
3. Urus ke RW masing-masing
4. KUA sesuai kecamatan yg di KTP
 Catatan : Semua RT pasti faham untuk mengurus hal ini yaa jadi ngga perlu bingung ..

Kalo udah tinggal jadi satu berkas CPW & CPP semua yang udah dibuat, serta engga lupa ya kalo daftar ke KUA membawa Fotokopian KTP Orang tua dari CPW & CPP masing-masing, jangan sampe ada yang tertinggal atau lupa dibawa. Setelah daftar hari itu juga kalian daftar hari itu juga kalian bertemu calon penghulu kalian nanti untuk hari H. Setelah di ceklist oleh penghulu apa aja yang sudah lengkap dan belum,nanti akan ditulisin sendiri seperti foto d atas yaa apa aja yang masih kurangnya kaya fotokopian KTP saksi nanti dari pihak CPW&CPP bakalan di ingetin juga itu sama Bp penghulunya..


Nah kalo yang nasipnya kaya gue pas daftar kehabisan blangko pembayaran untuk ke Bank jadi bisa 3x balik loh ke KUA nya, cuma gpp namanya juga kesiangan pasti ada aja deh yang kelupaan.. Habis lebaran gue janjian sm Pak penghulu buat latihan Ijab dengan roy,.



Ini sekedar pengalaman kemarin tanggal 6 Juli lalu yaa, semoga ngga kaya gue yang beberap item ada yg terlupakan sedikit. Jadi agak males sebenernya balik 3x k KUA nya hehee.

Sekian,
Nia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar